Kamis, 14 Oktober 2010

Garam Solusi Hidung Tersumbat. . .

Tentu setiap orang tua tahu betapa repotnya merawat bayi yang sakit. Begitu pula yang kita alami ketika putri kita, kesulitan bernafas karena flu. Tengah malam ia menangis tak henti-henti.

Saya mencoba segala cara, seperti menyedot ingus sampai membuat air mendidih di bak mandi untuk dihirup, hasilnya mengecewakan. Tidak ada ingus yang keluar, malah tangisnya makin menjadi-jadi.

Dalam keadaan mengantuk berat dan hamper putus asa, kami kemudian mencoba saran dari buku “The Baby Book” tulisan dr Sears. Kata Sears, hidung mampet bisa dilegakan tetesan air garam. Saya sebetulnya takut karena khawatir malah membuat bayi menangis. Tapi karena tak ada pilihan, akhirnya saya coba.

Saya membuat larutan garam dengan cara mengaduk seperempat sendok the garam dengan 250ml air. Saya membaringkan dalam posisi kepala lebih rendah daripada kaki. Lalu saya meneteskan larutan garam ini ke hidungnya dengan sebuah pipet, dua tetes saja. Rupanya cara ini manjur sekali. Tak sampai satu menit kemudian, Kia berhenti menangis dan tertidur. Sampai pagi harii, ia sama sekali tidak rewel.

Ternyata anggapan saya selama ini keliru. Meneteskan larutan garam ke dalam hidung bayi tidak membuat bayi jadi rewel.
[artikelpintar.com]

1 komentar:

  1. Tak sampai satu menit kemudian, Kia (bayi nya) berhenti menangis dan tertidur (untuk selamanya). ia sama sekali tidak rewel (ya iya dong, kan sudah tidur untuk selamanya hahaha)

    BalasHapus