Rabu, 25 Agustus 2010

Yamaha Bison - Motor Sport Terbaru Yamaha

Yamaha Byson akan menambah jajaran motor laki Yamaha yang beredar di Indonesia setelah Vixion, Scorpio, kalau yang jaman dulu ya RX-King.

Yamaha Byson Review-Desain
Yamaha Byson atau yang nama aslinya Yamaha FZ-16 memiliki desain yang bisa dibilang keren, berotot dan maskulin, dengan garis-garis tajam yang futuristik, menegaskan sepeda motor Yamaha Byson sebagai motor streetfighter versi mini. Dari segi penampilan Yamaha FZ-16 Bison tampak lebih gagah bila dibandingkan dengan pendahulunya Yamaha Scorpio Z dan Yamaha V-Ixion. Pasalnya basis model yang digunakan adalah Yamaha FZ6 dan FZ1 yang merupakan street fighter. Mengusung gaya street fighter yang sedang diganderungi pasar indonesia, yamaha indonesia yakin bisa menarik perhatian pasar di indonesia.
Sekedar informasi, kabarnya desain Yamaha Byson asli Indonesia lho... Meskipun Byson merupakan produk global dan dijual di India lebih dulu dengan nama FZ16, tapi Byson dari awal Indonesia yang mendesain. PT YMKI, mengatakan keterlibatan mereka dalam melahirkan Byson ke pasar dilakukan sejak awal pengembangannya sekitar tahun 2007 silam.


Yamaha Byson Review- Body
Spesifikasi Ukuran ban belakang Yamaha Byson 140 tercatat lebih besar dibandingkan dengan ukuran ban Kawasaki Ninja 250R sekalipun, yakni ban tubeless berukuran 100/80-17M/C 52P di bagian depan serta ban tubeless 120/70-17M/C 58P di kaki bagian belakang.
Bentuk knalpot Yamaha Byson FZ-16 berbentuk kotak menyerupai YZF-R6. FZ-16 sudah memakai digitalyzed dashboard atau yang lebih dikenal dengan speedo meter digital. Tanki Yamaha FZ-16 lebih besar dan dinamis dibandingkan dengan V-Ixion. Tangki bahan bakar Yamaha Byson mampu menampung 12 liter bensin dan masih diberi lapisan atau kondom agar penampilan motor ini jadi terlihat makin berisi.
Lampu depan Yamaha Byson bergaya street fighter, hampir sama dengan V-Ixion tahun 2010. Dengan perpaduan tersebut serta dukungan suspensi monocross di belakang dan teleskopik di depan, wajah Byson pun langsung menyiratkan keangkeran sebuah motor street fighter.

Yamaha Byson Review- Mesin 
Sayangnya spesifikasi Yamaha Byson secara teknis pada mesin masih berada dibawah V-Ixion. Tenaga Byson FZ-16 hanya 14 tenaga kuda dengan torsinya hanya 13,6 nm jauh lebih kecil bandingkan dengan mesin V-Ixion yang mampu mencapai 16 hp dan Torsinya yang mencapai 14,5 nm. Dari segi Teknologi mesin yang diusung Yamaha Byson juga jauh, V-Ixion sudah Injeksi SOHC dan sudah menggunakan air pendingin atau radiator, sedangkan Yamaha Byson YZ-16 sistem sistem pengabutan Byson masih menggunakan karburator dan tidak dilengkapi dengan radiator alias masih pakai teknologi semilir angin jalanan. He. . .

Yamaha Byson Review-Kesimpulan
Keunggulan dan kekurangan Yamaha Byson.
Keunggulan Yamaha Byson:
Yamaha Byson sangat unggul dari segi desain atau penampilan. Penampilan Yamaha Byson garang, pokoknya streetfighter banget deh... Model streetfighter seperti ini sedang digemari masyarakat pemakai motor laki di Indonesia. Bisa jadi pilihan buat pecinta sepeda motor streetfighter yang mengutamakan penampilan.

Kekurangan Yamaha Byson:
Kekurangan atau kelemahan Yamaha Byson kalau saya bilang sih lebih pada teknologi mesin yang digunakan. Spesifikasi mesin Yamaha Byson dengan kapasitas 153cc, Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve, daya maksimum : 10,1 PS / 7.500 rpm dan torsi maksimum : 10,5 Nm / 5.500 rpm bagi sebagian orang dirasa masih kurang memuaskan untuk mengimbangi penampilan yang sudah ok. Apalagi dengan harga yang tidak beda jauh dengan V-Xion.

Harga Yamaha Byson dijual di Indonesia?
Yamaha Byson baru dilepas kepasaran Rp 19,9 juta On The Road. Dengan kisaran harga tersebut, Byson siap bertarung dengan rival abadinya yang juga baru dipermak, yakni Honda New Mega Pro, yang dilepas seharga Rp 19,44 juta. Hemmm... harga beda tipis, Yamaha Byson vs Honda New Mega Pro-dari segi penampilan Yamaha Byson jauh lebih unggul dibanding New Mega Pro, tapi tenaganya? Tinggal selera kali ya.

Info tambahan mengenai Yamaha Bison:

 Yamaha Byson merupakan sport terbaru dari Yamaha yang dengan tegas dikatakan menjual tampang, tidak seperti V-ixion yang mengedepankan teknologi atau Scorpio dengan performanya. emang tampangnya keren sih...
Untuk tahap awal Yamaha sudah memproduksi sekitar 80.000 unit sepeda motor Byson.
Sejauh ini, Yamaha sudah mencatatkan angka pemesanan motor Yamaha Byson bertampang maskulin tersebut sebanyak 1.000 unit. Catatan tersebut tentunya prestasi tersendiri dari Byson, karena peluncurannya saja baru akan dilakukan setelah Lebaran nanti.
Yamaha menawarkan Byson hanya dalam satu varian saja yakni tipe casting wheel, dengan empat pilihan warna, hitam, merah, biru dan putih.

Tertarik membeli Yamaha Byson? Yamaha menyediakan pemesanan Bison dengan secara online, bulan September ini unit-unit perdana yamaha bison akan mulai dikirim kepada konsumen.

[http://www.faqih.net]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar